STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)
Keywords:
BPJS Kesehatan, Komunikasi Pemasaran Sosial, Media Sosial InstagramAbstract
Kemajuan teknologi dalam komunikasi membuat kegiatan komunikasi dapat dilakukan dimana saja, termasuk melalui media baru seperti media sosial. BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum publik yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media sosialisasi program jaminan kesehatan nasional. Pada kegiatan komunikasi, BPJS Kesehatan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai wadah dalam melakukan kegiatan komunikasi terkait dengan produknya yaitu jaminan kesehatan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi BPJS Kesehatan dalam mensosialisasikan program JKN di media sosial instagram. Penelitian ini mengacu pada beberapa teori diantaranya adalah teori komunikasi pemasaran sosial, komunikasi media sosial. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan dua informan yakni Asisten Deputi Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat di BPJS Kesehatan dan Staff Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat di BPJS Kesehatan dan teknik analisa data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa BPJS Kesehatan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang mengacu pada konsep The Circular Model of SOME yang dikembangkan oleh Regina Luttrell yang terdiri dari Share, Optimize, Manage, Engage. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu BPJS Kesehatan mampu menyampaikan pesan yang relevan kepada audiens yang beragam, meningkatkan keterlibatan, dan merespons secara cepat dan efektif melalui media sosial instagram.